II “Mewujudkan Desa Buntalan Menjadi Desa Mandiri Pangan Dan Desa Wisata Dengan Berbasis Pada Ekonomi Kerakyatan.”II II Visi Pemerintah Desa Buntalan II  

MUSRENBANGDES TAHUN 2021 DESA BUNTALAN KECAMATAN TEMAYANG KABUPATEN BOJONEGORO

Administrator | 12 Januari 2020 19:24:36 | Berita Desa | 99 Kali

Buntalan-Pelaksanaan Musrenbangdes Untuk Tahun 2021 diselenggarakan di Desa  Buntalan Kecamatan Temayang Kab Bojonegoro bertempat di Balai Desa Buntalan (13/01/2020).

Kegiatan Musrenbangdes untuk Tahun 2021 dihadiri oleh Camat Temayang, Polsek Temayang, Pos Ramil Temayang, Kasi PMD Kec. Temayang, Ka. UPT Pertanian Kec. Temayang, Ka UPT peternakan kec. Temayang, Bidan Desa Buntalan, Kepala Desa Buntalan beserta Perangkat, BPD, RT/RW, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, PKK dan Karang Taruna Desa Buntalan, dan unsur masyarakat lainnya.

Musrenbangdes  yang dilaksanakan hari ini adalah merupakan forum musyawarah agenda tahunan dalam rangka menyiapkan Daftar Usulan RKP Tahun 2021 di Desa Buntalan dengan tetap memperhatikan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes).

 Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa adalah dokumen perencanaan yang memuat pokok-pokok kebijakan pembangunan desa dan menuntun kearah tujuan pencapaian visi dan misi desa.

 Tujuan dan maksud RKP Desa:

  • Terwujudnya perencanaan tahunan desa dalam upaya terwujudnya rencana pembangunan jangka menengah desa.
  • Tercapainya pemanfaatan potensi desa secara maksimal, efisien dan efektif dalam pembangunan desa menuju desa yang maju mandiri dan sejahtera.

Selain tujuan di atas, adapun maksud yang ingin dicapai dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa adalah sebagai berikut:

  • Kerangka acuan bagi kepala desa dan perangkat desa dalam menyusun program dan kegiatan tahunan yang sinergis sesuai tugas pokok fungsinya untuk mewujudkan tercapainya visi misi yang telah ditetapkan dalam RPJMDesa.
  • Sebagai instrumen penilaian kinerja perangkat desa, dalam mengukur efektivitas pelaksanaan tugasnya.
  • Sebagai instrumen akuntabilitas dan transparansi manajemen pemerintah desa oleh masyarakat maupun elemen pemerhati pemerintahan yang berkepentingan memantau kinerja pemerintah desa.

Dalam sambutannya, Kepala Desa  Buntalan menyampaikan bahwa musrenbangdes ini bertujuan untuk menampung aspirasi masyarakat sehingga kegiatan pembangunan di desa Buntalan ini bisa tepat sasaran sesuai yang diinginkan. Selain itu juga disampaikan beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu kegiatan yang bersumber dari Dana Desa berpedoman pada Permendesa Nomor 11 Tahun 2019, dengan memperhatikan kegiatan infrastruktur dengan pola PKT (Padat Karya Tunai), pencegahan Stunting dan Layanan Stunting, komitmen BID (Bursa Inovasi Desa) dan pelayanan terhadap penyandang disabilitas. Selain itu disampaikan juga tentang Sistem Informasi Desa dalam rangka menyongsong Siskeudes Online serta peningkatan kapasitas aparatur desa. 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Peta Desa

Aparatur Desa

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Sinergi Program

e-billing pajak
Layanan Surat Online

Agenda

Belum ada agenda

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung